Kamis, 27 November 2008

PT. Indominco Mandiri


PT. Indominco atau Indominco Mandiri (IMM)

adalah sebuah perusahaan pertambangan batubara yang berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Berdiri dan mulai beroperasi pada tahun 1997, disusul selesainya konveyor pelabuhan batubara Indominco pada tahun 1999. Perusahaan ini kini dimiliki secara penuh oleh Banpu, sebuah konsursium usaha asal Thailand.

Indominco Mandiri memiliki cadangan batubara total (sebelum ditambang) sebanyak 289, 7 juta ton sementara cadangan batubara yang tersisa kini mencapai 86 juta ton (perhitungan pada tanggal 31 Desember 2006). Jenis batubaranya adalah Bituminus, memiliki kandungan sulfurnya sebanyak 0,8%.

Indominco Mandiri kini mampu memproduksi batubara maksimal sebanyak 11 juta ton per tahun dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 8 juta ton per tahun (2005) dan kurang lebih 9 juta ton per tahun (2006).

Pasar terkuat dan terbesar perusahaan Indominco Mandiri adalah perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan jasa kelistrikan yang terutama berada di negara Jepang, Korea, dan Taiwan.

Indominco Mandiri adalah perusahaan pertambangan di Indonesia yang wilayah aktivitas usahanya berada di dua wilayah kabupaten/kota. Areal tempat penambangannya berada di Kabupaten Kutai Timur, tapi tempat fasilitas pengolahan maupun produksi batubara berikut tempat pelabuhannya berada di kota Bontang.